+16 Arah Mata Angin, Cara Menentukan Lengkap Dengan Langkah dan Gambar

Arah mata angin – arah mata angin sangatlah penting untuk kita ketahui. Apalagi bagi seorang petualang yang senang melakukan penjelajahan dan hiking. Secara garis beras tujuan untuk mengetahui arah mata angin, agar kita tidak bingung dalam menentukan arah agar tidak tersesat dan bisa melanjutkan perjalan yang akan kita inginkan.

Memang di era serba modern ini sudah bisa di manjakan oleh alat sofwer yang canggih seperti  GPS, Google map, dll nya, akan tetapi semua itu apa bila dalam keadaan normal dan dalam keadaan alatnya yang menyala, akan tetapi apabila alat itu tiba-tiba tidak berfungi apa yang dapat kita lakukan? Nah, dari sinilah kita juga harus memahami cara menentukan arah mata angin.

Nah, bagaimana agar kita mengetahui arah mata angin seperti barat, selatan, dan juga timur, tentunya kita harus mempunyai keahlian dalam menentukannya.ada beberapa cara menentukan arah mata angina salah satu nya juga mungkin tidak asing bagi telinga kita yaitu kompas. kompas arah mata angina juga sangat bagus dalam menentukan arah yang ingin di tuju. Tapi, sebelum kita mulai mempelajari teknik menentukan arah mata angin, ada baiknya kita mengetahui arti dari arah mata angin itu sendiri.

Bagi anda yang balum tahu apa itu arah mata angina, mari simak penjelasan di bawah ini :

Pengertian Arah Mata Angin

 +16 Arah Mata Angin, Cara Menentukan Lengkap Dengan Langkah dan Gambar 4

Anda yang suka dalam dunia alam tentu tidak asing dengan istilah arah mata angin, dan juga mungkin sudah sering menyebutkannya, tapi apa pengertian dari arah mata angin ? nah, jadi arah mata angin ialah suatu panduan yang digunakan untuk menentukan atau menemukan arah mata angin. Dan arah mata angin ini sendiri juga di gunakan di kompas, navigasi atau tombol dan peta.

Mata angin juga di bagi 4 arah standar atau juga arah utama atau arah utama dan mata angin utama,  biasanya dalam pembuatan alat bantu untuk petunjuk arah mata angin menggunakan standar 4 arah angin standar ini. Seperti kompas, peta, dan lainnya. Perhatikan mata angin utama di bawah

  1. Utara
  2. Timur
  3. Selatan
  4. Barat

Mata angin tersebut sudah paten di gunkan beberapa Negara. Selain dari mata angin tersebut juga terdapat beberapa macam mata angin, yaitu mata angin tengah dan mata angin tambahan.

Jenis-Jenis Arah Mata Angin

+16 Arah Mata Angin, Cara Menentukan Lengkap Dengan Langkah dan Gambar

Ada 3 macam arah mata angin yang sudah di bedakan, dari zaman dahulu arah mata angin terdiri dari 16 mata angin dan tidak akan pernah berubah. Perhatikan 3 macam arah mata angin yang sudah di bedakan.

Arah mata angin pokok

+16 Arah Mata Angin, Cara Menentukan Lengkap Dengan Langkah dan Gambar 1

Arah mata angin pertama ini sesuai dengan penjelasan sebelumnya yaitu arah mata angin standar, yaitu utara, timur, selatan, barat. Dan sering di gunakan dalam pembuat kompas, peta, gps, dan lain-lainnya. Dan sering di gunakan dalam beberapa Negara selluruh dunia.

Arah mata angin tengah

+16 Arah Mata Angin, Cara Menentukan Lengkap Dengan Langkah dan Gambar

Arah mata angin tengah adalah arah mata angin pokok. Seperti ada angin timur dan utara ada mata angin timur laut. Nah di antara kedua angin tersebut ada mata angin timur laut itulah yang di sebut dengan mata angin tengah. Dari mata angin ini juga sering di gunakan dalam menentukan arah yang di tuju untuk penentu arah yang benar. Karena tidak hanya mata angin timur laut saja pasti di ikuti dengan arah lainnya.

Dan perhatikan nama-nama  arah mata angin tengah di bawah ini :

  1. Timur laut (di antara  timur dan juga utara)
  2. Barat daya (diantara selatan dan juga brat)
  3. Tengara (di antara timur dan selatan)
  4. Barat laut(di antara barat dan utara)

Arah mata angin tambahan

+16 Arah Mata Angin, Cara Menentukan Lengkap Dengan Langkah dan Gambar 2

Untuk yang ketiga ini arah mata angin tambahan. Mata angin tambahan ini terletak pada mata angin pokok dan juga tengah. Contoh. Diantara timur, utara dan timur laut  di sebut dengan utara timur laut. Jadi, bukan hanya mata angin tengah, poko saja yang di gunakan tapi mata angin tambahan ini juga tidak asing lagi untuk di di baca dalam menentukan arah mata angin.

Perhatikan di bawah ini dari arah mata angin tambahan :

  1. Diantara utara dan timur laut – (timu-timur laut)
  2. Di antara timur laut dan juga timur – (timur menenggara)
  3. Diantara timur dan tengara – (selatan menenggara)
  4. Diantara tenggara dan juga selatan (selatan barat daya)
  5. Diantara selatan dan barat daya-(barat-barat daya)
  6. Di antara barat daya dan juga barat- ( barat-barat laut)
  7. Diantara barat dan juga barat laut- ( utara barat laut)
  8. Di antara barat laut dan juga utara.

Apabila di gabungkan sejatinya memang berjumlah 16 nama. Selanjutnya bagaimana cara kita menentukan arah mata angin.

Cara Menentukan Arah Mata Angin

Nah, setelah kita mengetahui arti dari arah mata angin, jenis-jenis mata angin selanjutnya kita akan menentukan ara mata angin. Ada beberapa cara dalam menentukan arah mata angin. Dan cara ini sangat perlu kamu ketahui karena cara agar kita mengetahui arah terutama saat kita berada di tempat yang baru.ataupun tersesat di hutan. Pada zaman dahulu mereka menggunakan cara mengetahui arah mata angin bisa menggunakan arah bayangan, tongkat, kompas. nah untuk kalian perhatikan teknik di bawah. Silahkan simak penjelasan di bawah ini :

Teknik menentukan arah angin dengan kompas

+16 Arah Mata Angin, Cara Menentukan Lengkap Dengan Langkah dan Gambar 8
https://moondoggiesmusic.com

Saya yakin kalau alat yang satu ini tidak asing lagi bagi kalian yang suka dengan petualangan, tapi apakah selama ini kalian sudah benar menggunakan kompas dalam perjalanan anda, atau hanaya sekedar pegangan aja tanpa tahu menggunakannya? Perhatikan di bawah ini cara pemakaiannya.

read +contoh makalah mahasiswa, pdf, serta baik dan benar dan lengkap

Letakkan kompas yang ada pada permukaan yang datar.selanjutnya tunggu permukaan jarum kompas itu menjadi tenang dan tidak bergerak lagi.dan perhatikan saat jarumnya udah mulai berhenti  otomatis jarum akan menunjukan arah selatan dan utara. Arah lainnya juga mengikuti arah dial kompasnya. Pada garis dan juga angka yang dapat kita lihat pada dial maka besaran yang dapat menunjukkan arah. Sebab itu, kalau kalian menentukan arah barat laut, tingal anda mencari angka menunjukan yang di maksud.

teknik menentukan arah mata angin memakai bayangan tongkat

9

cara yang kedua ini menentukan ara mata angin dengan menggunakan bayangan tongkat. Cara ini tentnunya sangat membutuhkan cahaya dan cuaca yang mendukung agar tongkat bisa menimbulkan bayangan. Seperti yang kita ketahui, bayangan akan selalu berubah –rubah tergantung dari matahari yang bergerak, seperti dari pagi hingga sore hari, bayangan akan mengikuti juga alur dari matahari, sebagai contoh, saat matahari berada di pagi hari bayanagan akan memanjang, begitupun kalau matahari berada di atas kepala atau di siang hari, bayangan akan memendek tentunya ini akan berguna saat kita menentukan arah mata angin.

Pada teknik ini kita tentunya membutuhkan sebuah tongkat yang lurus, dan panjang 60 sampai 150 cm, satu tongkat lurus dengan panah 30 cm. dan siapkan batu atau sejenisnya yang dapat menahan dari hembusan angin.

Cara menggunkannya :

  • tancapkan tongkat yang panjang ke permukaan tanah yang lurus. Setelah itu,ambil sebuah batu yang dan tegakkan di atas permukaan tanah yang di gunakan sebagai penanda dari ujung bayangan yang di bentuk
  • tunggu kira-kira 15-29 menit, bayangan yang sudah terbentuk tadi akan berubah arah dengan sendirinya. Setelah itu tandai dengan tongkat yang baru.
  • Selanjutnya, hubungkan kedua ujung dengan menggunakn garis lurus atas  dari permukaan tanah. Nanti bayangan akan berubah arah dengan berlawanan arah menggunaka matahari.sehingga akan menunjukan arah timur hingga barat. Untuk titik selanjutnya akan membuat penunjuk arah barat dan timur untuk titik ke 2.

Teknik menentukan arah mata angin dengan roda maupun cakra bayangan

dengan menggunakan cara ini tidak jauh beda dengan tekni tongkat, tetapi untuk lebih meyakinkan lagi maka teknik ini juga perlu kita pelajari karena dengan cara ini membutuhkan waktu sedikit lama

alat yang di perlurakan:

  • Tiang atau tongkat panjang sekitar 60 sampai 150 cm,
  • Batu ukuran kecil
  • Benda yang runcing ukuran kecil
  • Siapkan tali ukuran panjang bisa juga benang

Cara penggunaanya :

  1. Tancapkan tongkat atau tiang tadi ke tanah yang memiliki permukaan datar dan untuk hal ini lakukanlah sebelum tengah hari. Setelah itu letak kan batu pada titik ujung bayangan dari tongkat ataupun tiang tersebut.
  2. Kemudian ambilah tali tadi untuk mengikat benda atau batang yang runcing dengan tiang, dan salah satu ujung tali akan di ikat pada batang kecil yang akan yang runcing. Dan ujung tali lainnya akan diikatkan pada tiang. Tetapi, pastikan telebih dahulu tali nya apakah bisa sampai pada batu yang di atas tanah tadi.
  3. Buatlah sebuah gambar yang mana mengikuti lingkaran yang mengelilingi tang ersebut. Titik awanya adalah batu, setelah itu, gunakan batang yang runcing yang sudah di ikat tadi untuk membntuk sebuah lingkaran tiang yang paling panjang tersebut.
  4. Di saat bayangan nanti terbentuk dari tiang dan mengenai lingkaran, maka titik tersebut di tandai dengan batu lainnya.
  5. Kedua titik akan di hubungkan, garis lurus yang nanti nya akan menjadi penghubung antara batu pertama dan batu ke duanya ialah garis barat-timur. Dngan menggunakan batu yang ke dua akan mewakili arah timur, dan batu yang pertama akan mewakili arah barat.
  6. Dan untuk mengetahui arah lainnya seperti arah utara dan juga selatan adalah selatan arah jarum jam dari arah timur. Dan arah utara dari arah barat.

Teknik menentukan arah mata angin dengan navigasi lingkungan

+16 Arah Mata Angin, Cara Menentukan Lengkap Dengan Langkah dan Gambar 3

Dengan metode ini berarti kita memanfaatkan lingkungan alam yaitu bisa melihat letak matahari itu sendiri dengan mencari posisi matahari tepat di waktu tengah/siang hari. Sebab pada waktu inilah matahari bisa menunjukkan arah selatan, utara, seperti di zaman dahulu juga sering melakukan petunjuk secara alami.

READ +contoh makalah mahasiswa, pdf, serta baik dan benar dan lengkap

Setelah kita mengetahui arah selatan dan utara, maka selanjutnya kita menentukan arah barat dan timur. Untuk menemukan nya biasanya lebih mudah. Namun, dengan menggunakan cahaya matahari belum bisa di prediksi 100% keakuratannya. Karena arah tersebut di tentukan dengan sumbu bumi. Jika kita berada di belahan bumi bagian selatan, maka saat kita berjalan menuju matahari kita akan di bawa mengarah ke utara. sebaliknya jika kita menjauhi matahari kita akan mengarah ke bagian selatan

Maka hal yang paling penting untuk kita cari tahu dulu kita berada di belahan bumi bagian mana. Karena seperti penjelasan di atas, jika kamu justru menjauh dari posisi tepat cahaya matahari tersebut, kita malah berada di posisi bagian selatan. Nah, kalau kita sudah paham berada di belahan bumi bagian mana tidaklah sulit untuk menemukan arah tujuan itu.

Nah, itu saja yang dapat kami berikan tentang penjelasan arah mata angin, semoga dengan artikel ini menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi yang membutuhkan ini. Silahkan komen di bawah dan silahkan di share.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply