13+ Bagian-Bagian Bunga, Fungsi dan Contoh LENGKAP

Bagian-Bagian Bunga  – Siapa yang tidak kenal dengan bunga? Selain memiliki bentuk yang indah, bunga juga memiliki aneka ragam warna dan jenis bau wangi yang berbeda-beda. Berkat keindahan yang dimilikinya inilah mampu menarik perhatian tidak sedikit dari kaum wanita. Bunga adalah sesuatu yang indah untuk dipandang mata, ada banyak jenis bunga yang hidup di muka bumi yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari.

Namun, tidakkah kita sadari dibalik keindahannya, bunga banyak menyimpan keunikan-keunikkan yang jarang kita ketahui. Keunikkan yang ada pada bunga salah satunya ialah terdapat beberapa bagian penting dalam bunga. Dalam artikel ini kita akan membahas salah satu keunikan bunga yaitu bagian bunga-bunga.

Bagian-Bagian Bunga dan Fungsinya

13+ Bagian-Bagian Bunga, Fungsi dan Contoh LENGKAP 3

Bunga atau yang sering disebut sebagai kembang memiliki macam-macam bagian-bagian dalam bunga, yang mana masing-masing dari bagian tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Itulah sebabnya pentingnya pembahasan ini kita paparkan agar lebih bisa memahami bunga secara keseluruhan, bukan hanya sekedar menikmati keindahan dari bunga itu sendiri.

Namun perlu kita ketahui bahwa bagian-bagian bunga terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu berdasarkan bagian secara umum, dilihat berdasarkan dari kelengkapan bagian bunga, dan berdasarkan kelengkapan alat kelamin. Tapi sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai bagian-bagian bunga, kita harus tau terlebih dahulu mengenai fungsi dari pada bunga.

  1. Fungsi bunga yang pertama adalah fungsi biologi, yaitu merupakan bagian organ seksual untuk menyatunya antara organ gamet jantan dengan betina yang kemudian akan menghasilkan biji-biji baru.
  2. Fungsi yang kedua adalah, warna cerah bunga. Kenapa bunga memiliki aneka ragam warna yang cerah ? hal ini dikarenakan untuk memikat para hewan-hewan agar bisa singgah dan membantu proses penyerbukan pada bunga.
  3. Dan yang ketiga adalah mengeluarkan aroma khas. Aroma yang dikeluarkan oleh bunga-bunga memiliki ke khasan tersendiri, hal ini berupaya agar bisa menarik perhatian hewan dan membantu dalam percepatan penyerbukan. Setelah kita mengetahui beberapa fungsi dari bunga, selanjutnya kita akan membahas tentang bagian-bagian bunga berdasarkan kelompok.

Bagian-Bagian Bunga Secara Umum

Bunga memiliki beberapa bagian secara umum yaitu :

  1. Tanduk induk bunga, merupakan akses untuk lanjutan perbungaan mulai dari batang atau cabang.
  2. Tangkai bunga, merupakan bagian bunga yang terletak tepat pada bagian bawah bunga yang merupakan bagian yang tak kalah penting dari bunga itu sendiri. Bagian ini adalah bagian pendukung dari cabang bunga yang berfungsi sebagai penopang bunga dan penghubung antara bunga dengan ranting dan tangkai bunga. Tangkai bunga lebih dikenal sebagai tempat memetik bunga.
  3. Daun pelindung, berada di ketiak bunga, yang merupakan daun terakhir yang memiliki bahasa ilmiah Brachte. Daun pelindung yang merupakan daun terakhir ini mmbuat bunga bisa berkembang dan tumbuh.
  4. Daun tangkai, letaknya berada di pangkal tangkai bunga yangjuga berfungsi untuk melindungi bunga.
  5. Kelopak bunga, adalah salah satu bagian bunga yang fungsinya untuk melindungi serta menyelimuti mahkota bunga pada saat bunga masih dalam keadaan kuncup dan belum mengembang. Kelopak bunga akan terbuka dengan sendirinya apabila mahkota bunga sudah mekar. Warna dari kelopak bunga ini biasanya berwarna hijau menyerupai bentuk daunnya.
  6. Mahkota bunga, atau seringdisebut dengan perhiasaan bunga, nama ini diberikan karena keindahannya yang sangat menarik dengan aneka ragam bentuk yang dimiliki dan warna-warni coraknya sehingga lebih memikat para hewan-hewan serangga untuk hinggap dan melaukan proses penyerbukan.
  7. Benang sari, merupakan bagian penting dari bunga yang merupakan organ alat kelamin bagi pejantan sebagai alat untuk perkembangbiakkan bunga. Adapun bunga sari terdiri dari kepala sari, serbuk sari, tangkai sari, ujung sari dan kepala sari.
  8. Putik, ialah alat kelamin pada wanita untuk perkembangbiakkan yang terdapat bakal bunga dan bakal biji pada putik. Letak puti itu sendiri berada di tengah-tengah bagian bunga dimana sekelilingnya dipenuhi oleh benang sari. Ada dua bagian dalam putik yaitu kepala putik dan tangkai putik.
  9. Dasar bunga, terletak pada bagian bunga bawah, yaitu pada bagian ujung bunga. Bahasa latin dasar bunga adalah Receptacle. Fungsinya adalah untuk meletakkan mahkota bunga dari bagian bunga lainnya.
  10. Kepala putik (stigma), yaitu bagian yang berfungis sebagai tempat untuk asuk dan melekatnya polen yang berasal dari kepala sari, yang kemudian langsung ditransfer ke bagian ovarium atau disebut sebagai inti dari telur bunga melalui tabung serbuk sari.
  11. Tangkai putik (stilus), adalah bagian bunga yang memiliki fungsi untuk menyangga kepala putik agar tetap berada sesuai posisinya.
  12. Bakal buag (ovarium) adalah tempat terjadinya proses pembuahan pada bunga, yaitu proses peleburan antara gamet jantan dan juga betina, yang kemudian akan menghasilkan bakal buah.
  13. Bakal biji (ovulum) adalah tempat terjadinya proses pembentukan biji yang akhirnya akan membuat biji-biji bunga yang matang.

Berdasarkan Dari Kelengkapan Bagian Bunga

Berdasarkan kelengkapan bagian-bagian bunga, maka bagian bunga dibedakan menjadi dua, yaitu bunga lengkap dan bunga tidak lengkap.

Bunga lengkap ialah bunga yang memiliki serangkaian bagian yang berupa  kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari dan juga putik. Bunga lengkap pasti memiliki alat kelamin yang ganda, namun bunga yang memiliki alat kelamin ganda belum bisa dikatakan sebagai bunga lengkap. Contoh bunga lengkap adalah bunga mawar. Adapun bagian-bagian bunga mawar adalah sebagai berikut :

Bagian-Bagian Bunga mawar

13+ Bagian-Bagian Bunga, Fungsi dan Contoh LENGKAP 1
  1. Mahkota bunga mawar, yaitu berfungsi untuk penyerbukan pada bunga.
  2. Kelopak bunga mawar, yaitu untuk melindungi mahkota bunga.
  3. Batang (tangkai) bunga mawar, adalah yang berfungsi meengangkut makanan dari akar hingga ke daun.
  4. Duri bunga mawar, ialah membantu pertahanan diri terhadap lingkungan luar.
  5. Daun bunga mawar, adapun fungsinya adalah untuk melakukan fotosintesis yang dibantu oleh pencahayaan matahari.
  6. Akar bunga mawar, yang berfungsi sebagai penopang dari pada tumbuhan agar mawar bisa tetap berdiri kokoh.

Bunga tidak lengkap ialah bunga yang tidak memiliki salah satu atau beberapa bagian dari bunga lengkap, dilihat berdasarkan alat kelamin maupun bagian perhiasan bunga.

  1. Perhiasan bunga tidak lengkap

Dikatakan sebagai perhiasan tidak lengkap karena bunga tersebut tidak memiliki bagian-bagian tertentu seperti kelopak bunga dan mahkota. Apabila bunga tidak memiliki bagian bunga yaitu perhiasannya maka bisa dikatakan bunga tersebut seperti bunga telanjang.

baca juga 15+ Kerajaan Islam Pertama di Indonesia dan peninggalannya

  • Alat kelamin tidak lengkap

Alat kelamin yang tidak lengkap adalah bunga yang hanya memiliki alat kelamin tunggal atau hanya ada satu alat kelamin saja, yang meliputi bunga jantan dan bunga betina, yang sering disebut sebagai bunga mandul. Contoh bunga yang tidak memiliki alat kelamin lengkap yaitu bunga salak atau bunga mentimun.

Berdasarkan Kelengkapan Alat Kelamin

Dilihat dari kelengkapan alat kelamin yang dimiliki oleh bunga maka bisa dibedakan menjadi bunga sempurna dan bunga bunga tidak sempurna.

Bunga sempurna, adalah bunga yang memiliki bagian-bagian tertentu yaitu benang sari dan putik, namun pada bunga sempurna tidak harus ada kelopak dan mahkota bunga tapi harus memiliki dua alat kelamin atau alat kelamin ganda. Adapun contoh bunga sempurna salah satunya adalah bunga matahari.

Bagian-bagian bunga matahari

13+ Bagian-Bagian Bunga, Fungsi dan Contoh LENGKAP
  1. Tangkai bunga
  2. Kelopak bunga
  3. Mahkota bunga
  4. Kepala sari
  5. Benang sari
  6. Putik

Bagian-Bagian Bunga Sempurna. Pada umumnya bunga lengkap memiliki bagian-bagian yaitu :

  1. Kelopak bunga
  2. Mahkota bunga
  3. Benang sari
  4. Putik

Bunga tidak sempurna, adalah bunga yang hanya memiliki satu alat kelamin atau kelamin tunggal yang sering disebut dengan bunga mandul. Bagian bunga lainnya adalah benang sari dan putik. Misalnya seperti tanaman jagung, salak dan siwalan.

Bagian-Bagian Bunga Kamboja

  1. Bagian Tanduk induk bunga, merupakan akses untuk lanjutan perbungaan mulai dari batang atau cabang.
  2. Bagian Tangkai bunga, merupakan bagian bunga yang terletak tepat pada bagian bawah bunga yang merupakan bagian yang tak kalah penting dari bunga itu sendiri. Bagian ini adalah bagian pendukung dari cabang bunga yang berfungsi sebagai penopang
  3. Bagian Dasar bunga, terletak pada bagian bunga bawah, yaitu pada bagian ujung bunga. Bahasa latin dasar bunga adalah Receptacle. Fungsinya adalah untuk meletakkan mahkota bunga dari bagian bunga lainnya.
  4. Bagiab Daun pelindung, berada di ketiak bunga, yang merupakan daun terakhir yang memiliki bahasa ilmiah Brachte. Daun pelindung yang merupakan daun terakhir ini mmbuat bunga bisa berkembang dan tumbuh.
  5. Daun tangkai, letaknya berada di pangkal tangkai bunga yangjuga berfungsi untuk melindungi bunga.
  6. Kelopak bunga, adalah salah satu bagian bunga yang fungsinya untuk melindungi serta menyelimuti mahkota bunga pada saat bunga masih dalam keadaan kuncup dan belum mengembang. Kelopak bunga akan terbuka dengan sendirinya apabila mahkota bunga sudah mekar. Warna dari kelopak bunga ini biasanya berwarna hijau menyerupai bentuk daunnya.

nah, mungkin itu saja yang dapat kami berikan semoga bermanfaat dan semoga dengan materi Bagian-Bagian Bunga ini mempermudah kita dalam memahami struktur yang ada. silahkan kunjungi artikel kami selanjut di opinion cr thanks yaa :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *