Jenis-Jenis Paragraf Dan Contohnya, Pengertianya Beserta Syaratnya

Jenis-jenis paragraf – sebuah teks yang benar pasti juga didukung oleh suatu paragraph yang baik. Dan juga, sebuah paragraf yang baik pasti dipastikan tulisan yang dibuat menjadi bagus. Jadi, dalam sebuah teks memang sangat di butuhkan.

Paragraph bukan hanya masalah saling berhubungan satu sama lain agar bisa membentuk suatu teks yang bisa dibaca. Namun, setiap kali kita menyusun katanya juga harus diperhatikan dengan jelas. Agar paragraf bukan hanya saja seperti susunan kalimat biasa.

Baiklah, untuk membantu dalam pengetahuan,  berikut ini akan di jelaskan beberapa defenisi paragraf, syarat yang harus digunakan agar bisa membuat satu paragraf yang baik, dan juga ada beberapa jeni-jenis paragrafnya.

Defenisi paragraf

Jenis-Jenis Paragraf Dan Contohnya, Pengertianya Beserta Syaratnya 1

Sekarang kita akan mengetahu defenisi paragraf menurut kamus besar Indonesia paragraph adalah bagian dari bab dalam suatu karangan yang biasanya mengandung satu ide pokok dan penulisannya dimulai dengan garis baru.

Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa paragraf iaitu bagian dari suatu karangan. Dan di dalamnya menagandung kalimat awal dan juga kalimat penjelas. Dan juga dalam sebuah paragraph terkandung ide pokok yang dimna bisa menjelaskan dari tujuan yang di maksud paragraf itu.

Syarat-syarat paragraf

Sebelum kita memahami lebih lanjut tentang paragraph tentunya kita juga harus tahu apa saja syarat dalam membuat sebuah kalimat. Sebab, syarat-syarat tersebut sangat penting untuk kita perhatikan. Jadi, apa saja syarat yang dapat membantu kita dalam membuat sebuah paragraf silahkan perhatikan di bawah ini.

  • Kepaduan (koherensi)

Sebuah kalimat yang tersusun dengan logis dan saling mendukung kalimat utama disebut dengan kepaduan atau koherensi. Jadi, antara kalimat satu dengan yang lainnya harus saling serasi dan saling mendukung kalimat berikutnya secara logis dan serasi.

Ciri dari terbentuknya sebuah paragraf  yaitu adanya sebuah kalimat konjungsi yang ada di dalamnya. Konjungi adalah sebuah kata penghubung atau disebut kata sambung. Kalimat konjungsi ini terbagi dari dua macam, pertama konjungsi antara induk kalimat dan anak kalimat. Contohnya ialah agar, tetapi, karena, sehingga dan sebagainya.

Dan untuk jenis yang kedua yaitu konjungsi antar kalimat. Contohnya ialah namun, oleh karena itu, kemudian, disamping, bahkan, kemudian, jadi, dan masih banyak lagi.

  • Kesatuan

Walau sudah ada berbagai macam unsur serta struktur, namun jika unsur dan struktur itu tidak menjadi kesatuan maka paragraf itu tidak bisa di sebut dengan paragraf sempurna atau kalimat yang baik.

Suatu kalimat yang baik ialah satu kesatuan dari kalimat gagasan utama dan kalimat penjelasnya. Semua dan unsur tujuan dari teks itu bisa di pahami oleh si pembacanya dan membuat pembaca tahu arti dari maksud bacaan tersebut.

  • Kelengkapan

Yang ketiga ini adalah kelengkapan. Untuk membuat suatu paragraf, tentu syarat yang satu ini harus ada. Dimna unsur dari beberapa struktur gagasan baik itu gagasan utama, kalimat utama, dan penjelasan nya juga harus di sertakan. Yang jelas, paragraph yang baik itu bukan terdiri dari kalimat utama, atau gagasan utama saja yang harus di masukan.

Apabila tanpa disertakan kalimat penjelas tidak tutup kemungkinan si pembaca kebingungan dan malah terasa tidak ada maksud tujuannya. Tidak mau kan sudah capek – cape nulis tapi tidak membuat pembaca betah untuk melihat tulisan anda karena tidak lengkapnya struktur paragraph anda.

Jenis-jenis paragraf dan contohnya

Seperti pembahasan yang sedikit saya singgung di atas, bahwa ada beberapa macam jenis paragraf. Mungkin dari anda hanya mengerti beberapa jenis paragraph saja, padahal jeni-jenis paragraph bukan hanya sekedar satu atau dua jenis.

Nah, jadi ada beberapa jenis paragraph yang harus anda ketahui. Sebab, dari berbagai macam jenis paragraph itu memiliki berbagai tujuan yang berbeda. Tentu saja, dari paragraph satu ke paragraph selanjutnya tidak sama dengan bacaan yang akan di buat. Bagi anda yang sudah siap untuk mempelajari apa saja jenis-jenis paragraph silahkan simak jenis-jenis paragraph beserta contohnya di bawah ini :

Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Kalimat Utamanya

Jenis-Jenis Paragraf Dan Contohnya, Pengertianya Beserta Syaratnya 2

Pertama adalah jenis paragraph yang berdasarkan pada letak utamnya tersebut. Adapun jenis – jenis paragraph in ada 3 macam jenis. Mau tahu, silahkan simak penjelsan dibawah ini.

Paragraf Deduktif

Apa yang di maksdu kalimat deduktif ialah sebuah kalimat yang dimulai dengan mengungkapkan sebuah kalimat pokok persoalan setelah itu di ikuti kalimat penjelas di belakang nya. Untuk kalimat deduktif perhatikan contohnya di bawah:

  1. Kemauannya tidak bisa lagi diikuti. Beberapa kali di sampaikan dalam sebuah rapat kalau dana harus disimpan dulu. Dan para peserta sudah menyepakati hal itu, akan tetapi, dihari ini dia malah memaksa untuk menggunakan uang tersebut untuk usahanya.
  2. Kemacetan di jogja sudah mulai menadi hal biasa. Beberapa factor yang menyebabkan kemacetan tersebut, di antaranya. Pertama jumlah kendaraan yang sudah mulai tidak seimbang lagi dengan luas jalan. Kedua, kurang nya kesadaran bagi pengguna jalan raya.

Paragraf Induktif

paragraf induktif adalah paragraf yang di mana sebuah paragraf yang memulai penjelsannya terlebih dahulu, lalu di akhiri dengan sebuah kalimat topic. Perhatikan contoh di bawah ini :

  1. Orang – orang sudah menyadari bahwwasanya bahasa adalah merupakan sarana pengembangan budaya. Tanpa sebuah baha, sendi kehidupan akan menjadi lemah. Informasi ersedat-sendat, komunikasi mulai tidak lancar. Jadi sebuah bahasa memang menjadi alat komunikasi yang paling efektif dan sangat efesien.
  2. Sekarang kita sudah mulai memasuki musim penghujan. Sampah mulai menumpuk karena kita tidak pernah lagi membuang sampah. Apalagi pendangkalan aliran sungai sudah mulai memperhatinkan. Sehingga tidak heran banjir sering datang setiap hari.

Paragraf Campuran

paragraf campuran juga di sebut dengan paragraf yang di awali dengan sebuah kalimat penyajian kalimat utama kemudian di dukung dengan sebuah kalimat penjelas, setelah itu di akhiri dengan sebuah kalimat kesimpulan di akhir kalimatnya.

READ 17+ contoh surat lamaran kerja tulis tangan, bahasa inggris, dan kerja umum lengkap

Untuk ciri-ciri dari kalimat campuran ini memiliki kalimat utama di awal paragraf lalu di tekankan lagi di akhir kalimatnya, dan terdapat juga pengulangan di beberapa kata kunci di bagian akhir dan awal paragraf.

Untuk lebih jelasnya anda bisa perhatikan contoh di bawah ini :

  1. Khasiat jeruk nipis sangat banyak. Jeruk nipis ini juga bisa di gukan bagi penderita batuk. Dan juga, bisa menjadi minuman yang sangat menyegarkan. Jeruk nipis ini juga sering di manfaatkan untuk bumbu dapur. Jadi dapat kita pahami banyak sekali manfaat dan khasiat dari jeruk nipis ini.
  2. Dalam sebuah kehidupan ini, yang paling penting kita tidak bisa hidup tanpa adanya udara. Udara juga merupakan salah satu sumber kehidupan selain air. Dapat di coba bagaimana menahan nafas selama beberapa jam, pasti kita akan merasakan tubuh kita lemes dan terasa mau pingsan. Sehingga udara memang snaat di butuhkan bagi mahluk hidup.

Jenis Paragraf Berdasarkan Tujuanya

Jenis-Jenis Paragraf Dan Contohnya, Pengertianya Beserta Syaratnya 3

Jenis paragraf selanjutnya adalah jenis paragraf yang berdasarkan tujuan. Jenis paragraf ni boleh dikatakan wajib untuk anda pelajari. Mau tahu apa saja jenis paragraf yang berdasakan tujuannya tersebut? Perhatikan di bawah ini penjelasannya.

Paragraf Narasi ( Paragraf uang menceritakan)

Paragraf narasi ialah sebuah paragrf yang mencerikan sebuah peristiwa ataupun sebuah kejadian yang didalamnya ada alur cerita, konflik, tokoh dan setting. Tetapi jenis paragraf ini tidak memiliki kalimat utama.

Sebenarnya, jenis paragraf ini sudah tidak asing lagi mungkin di telinga kalian tentang narasi. Sebuah paragraf yang menceritakan sebuah cerpen, novel dan lain-lainnya. Untuk kalimat ersebut ada beberapa ciri seperti: ada sebuah kejadian yang akan diceritakan dalam sebuah cerita yang akan di sampaikan ke pembaca, adanya pelaku dan tempat kejadiinya.

Berikut contoh paragraf narasi :

  1. Pak dosen adalah orang yang paling di hormati di kampung ku dan dia adalah ayahku. Setiap pagi kami sering melakukan jogging. Ketika kami melewati pasar, kami sering disapa oleh penjual dan pembeli. Dan terahir kami melewati pemukiman warga dan kami bahkan di kasih minum. Walaupun begitu, pak dosen tidak pernah merasa sombong.

Paragraf Deskripsi ( Paragraf yang Menggambarkan)

Paragraf deskripsi lain dengan paragraf narasi, paragraf deskripsi adalah sebuah paragraf yang menggambarkan seseuatu seakan akan pembaca bisa merasakan objek yang digambarkan tersebut dan juga, melihat, maupun mendengar. Jadi, objek yang di buat bisa orang, tempat, ataupun sebuah benda.

Adapun ciri-ciri dari paragraf ini iallah ada suatu objek yang nantinya  di gambarkan ataupun dengan panca indra, yang mana isinya berupa kata-kata yang dapat di bayangkan. Anda sering menemukannya di beberapa bacaan, lihat contoh di bawaha ini :Dia memakai rok panjang warna biru, sungguh beta serasinya dengan baju blus panjangnya. Rok dan blusnya seakan akan memberikan nilai keagungandirinya. Jalanya sungguh santun memikat hati orang yang memandangnya.

  1. Dia memakai rok panjang warna biru, sungguh beta serasinya dengan baju blus panjangnya. Rok dan blusnya seakan akan memberikan nilai keagungandirinya. Jalanya sungguh santun memikat hati orang yang memandangnya.
  2. Jika diumpamakan permata yang indah, Pantai wonosari terlihat bagaikan mutiara yang indah bak mutiara yang berkilauan, tetapi jika diibaratkan gadis maka pesonanya laksana sosok perawan kencur, kiasan tersebut memang sedikit berlebihan, namun itulah kata yang tepat untuk di gambarkan pesona alam pantai Bengkulu selatan.

Jika diumpamakan permata. Pesona pantai Bengkulu bak mutiara yang memantulkan cahaya putih ke kuning-kuningan, tetapi jika diibaratkan gadis maka pesonanya laksana sosok perawan kencur, kiasan tersebut memang sedikit berlebihan, namun itulah kata yang tepat untuk di gambarkan pesona alam pantai Bengkulu selatan.

Paragraf persuasi (Paragraf yang Mengajak)

Jenis-Jenis Paragraf Dan Contohnya, Pengertianya Beserta Syaratnya 4

Paragraf jenis persuasi ini sering kita temui di beberapa jenis iklan. Atau bisa uga di sebut dengansebuah aakan atau himbauan kepada pembacanya supya mau melakukan apa yang penulis inginkan.

Tetapi, untuk mewujudkan hal tersebut, pembaca haru mempunyai alasan yang kuat untuk melakukan atau mengikuti mengapa mereka harus mengikuti, maka dari itulah kalimat persuasi harus menempatkan fakta yang bisa embuat pembaca percaya sehinga apa yang di tulis bukan persuasi biasa. Nah, untuk itu mari kita simak contoh di bawah agar kalian bisa lebih paham.

Contoh paragraf persuasi

  1. siapa yang tidak tahu tentang manfaat susu. Susu sangat bermanfaat bagi tubuh kita salah satunya tulang yang sangat membutuhkan kalsium yang banyak terkandung di dalam susu, susu juga yang juga bermanfaat bagi perkembangan otak agar lebih cerdas. Oleh karena itu, mulai sekarang mari kita perbanyak minum susu.

Paragraf Argumentasi ( Paragaraf yang Berisi Pendapat)

Dari penjelasan di atas ada berbagai macam jeni-jenis paragraf. Kali ini kita akan membahas juga tentang jenis paragraf argumentasi. Paragraf satu ini sering juga kita jumpai atau yang sering ktia jumpai saat membaca.

Adapun arti dari paragraf argumentasi  ialah paragraf yang di gagasan utamanya dikembangakan dengan memaparkan pendapat, pokok bahasan, ulasan, dan juga ide pribadinya penulis.

Sedangkan tujuannya adalah agar pembaca mempunyai pendapat yang sama dengan apa yang di buat oleh penulisnya.

Ciri-ciri dari paragraf argumentasi ini yaitu adanya pendapat beserta alasannya. Dan juga paragraf itu juga di sertai dengan bukti ilmiah, subjektif, refrensi, kesimpulan dan bukti.

Berikut ini conth dari paragraf argumentasi :

  1. Sebagian besar orang Indonesia belum sepenuhnya menikmati hasil dari kemerdekaan. Masih banyak yang belum bisa merasakan pendidikan pernytaan ini juga pernah disampaikan oleh seorang pakar psikologi pendidikan sukarton (1992) bahwa anak-anak kecil di bawah umur 15 tahun sudah banyak yang di libatkan dalam mencari nafkah oleh orang tuanya.

baca juga 17+ contoh surat lamaran kerja tulis tangan, bahasa inggris, dan kerja umum lengkap

Hal ini dapat kita lihat dari anak-anak yang semestinya masih berada di jamsekolah tetapi mereka malah mengamen. Kemudian hasil dari kerja mereka serahkan kepada orang tua mereka untuk menompang kehidupan keluarga mereka.

Terlebih semenjak terjadinya krisis moneter, kecenderungan orang tua memperkerjakan anak lebih besar sebagai penompang ekonomi keluarga semakin terlihat di mana-mana.

Paragraf Eksposisi ( Paragraf yang Menjelaskan)

Jenis-Jenis Paragraf Dan Contohnya, Pengertianya Beserta Syaratnya 5

Paragraf eksposisi adalah sebuah paragraf yang berisi pendapt, ide, dan buah pikiran, pengetahuan beserta informasi yang dimaksudkan untuk memperluas pengetahun si pembaca.

Mari kita simak penjelsan nya tentang paragraf eksposisi yang juga berkaitan dengan ilmiah ataupun factual. Pada umumnya, pada paragraf tersebut juga di lengkapi dengan bukti grafik, contoh, table dan banyak halnya.

Untuk lebih jelas kita lihat contoh dibawa :

  1. Handphone sudah jalan-jalan kemana-mana. Mulai dari usia 5 tahun hingga orang dewasa. Bahkan hanphon sudah menjadi pegangan  di setiaaaaaap hari-harinya. Handphone sudah membuat kita lebih mudah ketika kita sedang dalam kesulitan entah itu dalam translate paragraf ataupun tutorial cara memasak kita dapat akses di gadget dengan mudahnya.

Namun dengan adanya hp bukan saja sekedar hanya menimbulkan hal yang positif,tetapi uga berdampak hal negative. Dengan adanya hanphone tidak kenal waktu lagi, bahkan tidak lagi bisa bersahabat dengan sekelilingnya. Lama- lama memiliki sifat yang individual, lebih senang dengan handphone dan yang lainnya.

Dari sini dapat kita simpulkan , bagaimana kita menyikapi perkembangan akhir zaman ini. Sebaiknya anak yang masih dini kita ajak bermaen, berbicara maupun mengobrol dan banyak hal lainya agar perkebangan anak menjadi lebih baik dan optimal.

Dari bebagai macam paragraf di atas masih banyak lagi jenis paragraf lainnya yang juga perlu kamu pelajari.nah mungkin ini saja yang dapat kami samapai kan semoga dengan penjelsan tentang jeni-jenis paragraf di atas bisa menambah pengetahuan kita.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply