15+ Kerajaan Islam Pertama di Indonesia dan peninggalannya

Kerajaan Islam Pertama di Indonesia  – Ketika kita berbicara tentang Indonesia, mungkin yang sempat terlintas dibenak kita adalah tentang sederetan kisah dan sejarah. Sejarah yang ada di Indonesia tak lepas dari yang namanya kerajaan Nusantara. Mengenai kerajaan Nusantara, mungkin tidak sedikit dari kita masih ada yang bertanya-tanya dan belum mengetahui apa dan bagaimananya.

Kurang familiarnya kita tentang sejarah ini merupakan hal yang menunjukkan akan ketidakpedulian kita terhadap sejarah, padahal sejarah adalah tolak ukur dari masa depan. Pentingnya mempelajari sejarah akan membuat kita paham akan masa lalu dan belajar untuk masa depan. Pertama kita harus tau terlebih dahulu mengenai kerajaan-kerajaan islam yang ada di Indonesia.

Kerajaan Islam di Indonesia

15+ Kerajaan Islam Pertama di Indonesia dan peninggalannya

Dalam pelajaran sejarah mungkin kita telah belajar mengenai kerajaan-kerajaan islam di Indonesia. Ada banyak kerajaan yang bisa kita ketahui dengan pasti. Tentunya, kerajaan-kerjaan islam inilah yang sangat memberikan pengaruh besar terhadap penyebaran dan juga perkembangan agama islam di Indonesia.

baca juga 7+ Pengertian Komunikasi, Jenis, Karakteristik, Fungsi dan manfaatnya

Kita bisa mempelajari sejarah kerajaan islam di Indonesia secara langsung dengan mendatangi beberapa bukti peninggalan yang sampai saat ini masih ada dan masih bisa kita lihat. Untuk itu kita akan membahas kerajaan islam apa saja yang pernah tercatat dalam sejarah di negeri tercinta ini.

Kerajaan Islam Pertama di Indonesia

Kerajaan Islam Tertua dan paling pertama di Indonesia adalah kerajaan Perlak. Seperti yang kita ketahui bahwa biasanya orang-orang akan menyebutkan bahwa kerajaan islam yang pertama di Indonesia adalah kerajaan samudrai pasai. Namun hal tersebut terbantahkan oleh fakta yang menyatakan bahwa kerajaan islam pertama bukanlah samudrai pasai melainkan kerajaan perlak yang terletak di bagian Sumatra yaitu Aceh bagian Timur.

Kerajaan perlak ini didirikan sekitar tahun 840 m atau sekitar pertengahan abad ke IX . Kerajaan ini diketahui sudah berdiri sangat lama hingga pada akhirnya tahun 1292 bergabung dengan kerajaan samudrai pasai. Raja yang memimpin kerajaan Perlak adalah Sultan Alaidin Syeh maulana abdul aziz syah. Sultan Alaidin merupakan anak keturunan dari Ali bin muhammad bin ja’far shadiq yang merupakan orang pendatang dengan makhdum tansyuri, yang merupakan adik dari syahir nuwi yang sempat memimpin Perlak sebelum kerajaan tersebut memeluk agama islam.

Ketika kerajaan perlak dipimpin oleh sultan Alaidin, yang sebelumnya dikenal sebagai bandar perlak berubah nama menjadi bandar khalifah. Pada masa kejayaan, kerjaan Perlakmenjadi kota dagang yang menyediakan lada yang sangat terkenal. Namun pada masa akhir abad yang ke XII, kerajaan perlak mengalami kemunduran secara perlahan dikarenakan beberapa faktor tertentu.

Kerajaan Islam Pertama di Indonesia adalah kesultanan

Kerajaan islam pertama di Indonesia adalah kesultanan perlak atau disebut dengan kerajaan perlak. Hal ini diyakini oleh para ahli sejarah yang mengatakan bahwa berdirinya kesultanan pertama yang terletak di Aceh ini yaitu pada tahun 840-1292 . kemunculan sultan ini mulai dari abad yang ke 9 hingga berakhir pada abad yang ke 13

Ada beberapa bukti yang menunjukkan ke eksistensian kerajaan Perlak beberapa diantaranya adalah  adanya naskah idhar al hak yang merupakan karya dari abu ishak makarani, kemudian maskah tadzkirah thabat jumu sulthan as-salathin yang dibuat oleh syaikh syamsul bahri abdullah al asyi, dan juga naskah silsilah raja-raja yang ada di perlak dan pasai yang merupakan karya dari sayyid abdullah ibn sayyid habib saifuddin.

Asal mula nama perlak ini dimabil dari nama kayu perlak, yang merupakan jenis kayu khas daerah perlak. Mulai dari sanalah akhirnya daerah yang awalnya penghasil perlak manjadi negeri perlak. Namun pada tahun 1292 ketika marcopolo berkunjung ke negeri tersebut nama awalnya Perlak berubah menjadi ferlec.

Perlu diketahui juga bahwa sebelum berdirinya kesultanan perlak, telah berdiri pula kerajaan perlak yang bercorak Hindu-Budha, dimana raja yang memimpin memiliki gelar yaitu meurah yang artinya adalah maharaja.Dan sultan terakhir Perlak adalah sultan yang ke – 18 yaitu Sultan makhdum alaiddin malik abdul aziz jihan berdaulat, yang saat itu sempat memerintah dari tahun 1267 sampai tahun 1292.

baca juga 7+ Pengertian Komunikasi, Jenis, Karakteristik, Fungsi dan manfaatnya

Kemudian setelah sultan makhdum wafat, akhirnya Perlak ini disatukan dengan kerajaan samudrai pasai dengan di bawah pemerintahan  oleh sultan samudrai pasai yang bernama sultan muhammad malik al zahir yang merupakan keturunan dari Al- malik al saleh. Dengan bergabungnya kedua kerajaan tersebut oleh sultan samudrai pasai memberi tanda bahwa kesultanan pertama Nusantara telah berakhir dan diganti dengan sultan samudrai pasai.

Kerajaan Islam Pertama di Indonesia pada Abad

Di dalam buku-buku sejarah yang ada, banyak yang menyebutkan bahwa kerajaan islam pertama di Indonesia yaitu pada abad pertengahan yang ke IX atau sekitar tahun 840 masehi.. Namun hal ini masih banyak di perdebatkan, karena ada yang menyebutkan bahwa kerajaan islam di Indonesia pada abad ke XII yaitu dimulai dari kerajaan samudrai pasai.

Kerajaan Islam di Indonesia dan Peninggalannya

Ada banyak sekali kerajaan-kerajaan yang penting untuk kita ketahui. Mungkin beberapa diantaranya sudah menjadi tidak asing lagi bagi kita, namun sebagian lainnya juga mungkin masih asing bagi kita. Hal ini menggambarkan bahwa Indonesia memiliki kekayaan akan sejarah, yang sangat jarang terdengar oleh generasi penerus karena semakin terkikisnya keingintahuan akan sejarah-sejarah yang berbau klasik.

Berikut adalah 15 Kerajaan Islam di Indonesia yaitu adalah :

  1. Kerajaan Perlak
  2. Kerajaan samudrai pasai
  3. Kerajaan aceh darussalam
  4. Kerajaan demak
  5. Kerajaan pajang
  6. Kerajaan gowa-tallo
  7. Kerajaan bone
  8. Kerajaan islam di nusa tenggara
  9. Kerajaan bima
  10. Kerajaan selaparang
  11. Kerajan islam di sumatera selatan
  12. Kerajaan islam di sumatra barat
  13. Kerajaan islam di papua
  14. Kerajaan waigeo, kerajaan salawati, dan kerajaan sailolof kerajaan misool
  15. Kerajaan islam di sulawesi

Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia

  1. Keraton atau istana

Bangunan ini merupakan bangunan yang dibuat sebagai tempat tinggal dari raja dan ratu ketika memerintah. Bangunan keraton atau istana ini biasanya memiliki pembatas dinding dan tembok yang tergolong tinggi sebagai pembatas antar raja dengan rakyat biasa. Berikut ada beberapa keraton peninggalan kerajaan-kerajaan islam yaitu :

  1. Pura pakualaman yang terletak di DIY Yogyakarta
  2. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat di daerah DIY Yogyakarta
  3. Pura mangkunegara di Jawa Tengah
  4. Keraton Surakarta Hadiningrat di Jawa Tengah
  5. Keraton kesepuhan di Jawa Barat
  6. Keraton Banten di Banten
  7. Keraton kecirebonan di Jawa Barat
  8. Keraton Kanamon di Jawa Barat
  9. Istana Bima di Nusa Tenggara Barat
  10. Keraton maimun di Sumatra Barat
  11. Masjid
  12. Masjid agung surakarta di surakarta
  13. Masjid agung demak di demak
  14. Masjid agung kesepuhan di cirebon
  15. Masjid kudus di kudus
  16. Masjid agung banten di banten
  17. Masjid sunan ampel di surabaya
  18. Masjid baiturrahman di aceh
  19. Masjid mantingan di jepara
  20. Masjid sendang duwur di tuban
  21. Dan masjid agung yogyakarta di yogyakarta
  22. Pesantren
  23. Perayaan keagamaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *