Klasifikasi Makhluk Hidup Macam-Macam, Tujuan, Manfaat, Contoh Dll

Klasifikasi Makhluk Hidup – Ada banyak jenis makhluk hidup yang tumbuh dan hidup disekitar kita yang bisa kita jumpai setiap harinya. Namun, perlu kita ketahui bahwa dari sekian banyaknya tumbuh-tumbuhan maupun hewan tersebut memiki banyak perbedaan dan persamaan. Perbedaan dan persamaan itulah yang akhirnya membuat kita kaya akan pengetahuan.

Dalam pelajaran biologi klasifikasi makhluk hidup merupakan pengetahuan yang penting untuk diketahui dan dipelajari. Kenapa dikatakan demikian ? agar mempermudah kita dalam mengenal dan mengetahui termasuk dari kerabat mana makhluk hidup tersebut. sehingga kita lebih mudah untuk mengetahui secara spesifik mengenai makhluk hidup tersebut.

Klasifikasi Maskhluk Hidup

Klasifikasi Makhluk Hidup Macam-Macam, Tujuan, Manfaat, Contoh Dll

Klasifikasi makhuk hidup adalahpengelompokkan atau pembagian jenis-jenis hewan maupun tumbuhan berdasarkan ciri-ciri tertentu. Klasifikasi makhluk hidup juga bisa dikatakan sebagai proses yang menggolongkan keanekaragamanan yang telah diciptkan ke dalam takson, dengan melihat berdasarkan persamaan dan perbedaan serta ciri-ciri yang dimiliki.

Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup Adalah

Tujuan dari klasifikasi makhluk hidup adalah untuk :

  1. Mengetahuhi hubungan yang dimiliki oleh antar makhluk hidup tersebut.
  2. Mengelompokkan berdasarkan ciri-ciri tertentu agar lebih mudah untuk dikenali.
  3. Agar lebih mudah untuk mengetahui persamaan dan perbedaan yang dimiliki oleh makhluk hidup.
  4. Untuk mengetahui mengenai gambaran ciri-ciri makhluk hidup.
  5. Apabila ada makluk hidup yang belum memiliki nama maka akan lebih mudah untuk diberi nama.
  6. Dalam proses pembelajarannya, lebih gampang untuk diingat karena sudah dikelompokkan.

Manfaat Klasifikasi Makhluk Hidup

Manfaat klasifikasi makhluk hidup ialah :

  1. Agar lebih memudahkan kita untuk mepelajari berbafai macam jenis hewan dan tumbuhan.
  2. Untuk mengetahui makhluk hidup yang memliki ciri-ciri tertentu tergolong dalam kelompok yang mana.
  3. Setelah di kelompokkan kita akan lebih mudah untuk mengenali jenis-jenis makluk hidup.
  4. Penjelasan mengenai makhluk hidup lebih mudah untuk dipahami.

Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup

Untuk melakukan klasifikasi makhluk hidup bukan hanya dengan melihat suatu rangkaian khusus saja, tetapi ada beberapa hal juga yang harus dilihat dan pertimbangkan untuk mengklasifikasikannya. Adapun sistem pengklasifikasian makhluk hidup ialaha berdasarkan :

Dilihat dari persamaan ciri yang dimiliki. Persamaan ciri ini menjadi dasar dalam sistem klasifikasi, misalnya seperti ayam dan elang. Mereka di klasifikasikan sebagai hewan jenis aves karena memiliki persamaan yang sama pada paruh, bulu, dan juga sayap.

Dilihat berdasarkan perbedaan. Seperti contoh diatas yaitu elang dan ayam. Mereka digolongkan dalam jenis yang sam dengan beberapa persamaan yang di milikinya, namun kedua hewan ini juga memiliki beberapa perbedaan salah satunya adalah sumber makanan, ayam lebih bersifat herbivora (pemakan tumbuh-tumbuhan sedangkan elang hewan karnivora (pemakan hwan-hewanan).

Klasifikasi Makhluk Hidup Berdasarkan Anatomi

Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan anatomi ialah melihat berdasrkan ciri-ciri tertentu seperti :

  1. ada atau tidaknya kambium yang dimiliki
  2. ada atau tidaknya xilem dan floem
  3. bagaimana bentuk xylem dan floem tersebut apakah melebar atau mengelompok dan sebagainya.

Sedangkan pada pada hewan, ciri-ciri anatomi yang dapat dilihat adalah :

  1. ada atau tidaknya tulang belakang pada hewan
  2. ada atau tidaknya organ-organ tertentu, misalnya organ paru-paru, insang dan beberapa organ lainnya yang sejenis

klasifikasi berdasarkan ciri marfologi. Yang dimaksud dengan ciri-ciri marfologi adalah sesuatu yang bisa kita amati dari luar, misalnya ciri-ciri elang yaitu memiliki beberapa helai sayap, terdapat paruh dimulutnya, dan cakar di kakinya. Sedangkan pada tumbuhan yang dapat kita amati seperti bentuk batang, daun, akar, bungan, ranting dan sebagainya.

Dilihat betdasarkan ciri biokimia. Seiring berkembangnya zaman, dengan teknologi yang serba canggih ternyata dapat membantu untuk lebih mudah mengklasifikasikan jenis hewan maupun tumbuhan, dengan cara tes DNA atau dengan mengetahui beberapa jaringan, sel dan juga struktur yang dimiliki kemudian dicocokkan dengan hewan atau tumbuhan lainnya.

Dilihat berdasarkan manfaat. Seperti yang kita ketahui bahwa ada ribuan makhluk hidup yang hidup dimuka bumi ini, dan semuanya memiliki manfaat yang berbeda-beda. Dari manfaat yang diberikan inilah yang bsa menguatkan kita untuk mengklasifikasikan hewan atau tumbuhan tersebut.

Klasifikasi Makhluk Hidup berdasarkan Sistematik

Klasifikasi Makhluk Hidup Macam-Macam, Tujuan, Manfaat, Contoh Dll 2

Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan sistematik sering dikenal dengan istilah sistem kingdom. Seiring berjalannya waktu klasifikasi ini berubah-rubah yaitu mulai dari sistem 2 kingdom, 3 kingdom, 4 kingdom, 5 kingdom, hingga 6 kindom. Sistematika pengklasifikasian awalnya dikenalkan oleh seorang ilmuwan yang bernama Carolus Linnaeus dari Sweddia pada tahun 1735.

Klasifikasi Makhluk Hidup 2 Kingdom

Klasifikasi makhluk hidup 2 kingdom merupakan tolak ukur dari adanya sistem kingdom-kingdom selanjutnya. Pertama kali dikenalkan oleh seorang ilmuwan bernama Aristotelels. Dalam hal ini pengelompokan organisme hanya menjadi 2 kingdom saja yaitu kingdom plantae (tumbuhan) dan kingdom animalia (hewan).

baca juga 13+ Bagian-Bagian Bunga, Fungsi dan Contoh LENGKAP

  1. Kingdom plantae (tumbuhan). Semua di dasarkan pada fotosintesis, walaupun hewan yang tidak bisa berfotosistesis tetap digolongkan ke dalam kingdom plantae.
  2. Kindom animalia (hewan), berdasarkan berpindah-pindah tempat. Tidak adanya klorofil, dan juga tidak memiliki dinding sel seperti protozoa.

Namun klasifikasi 2 kingdom ini tertnyata, masih memiliki beberapa kelemahan diantaranya adalah penggolongan atau pengelompokkan masih bersifat umum dan belum terlalu spesifik. Dari kelemahan inilah akhirnya banyak bermunculan kingdom-kingdom selanjutnya.

Klasifikasi makhluk hidup sistem 3 kingdom

Sistem 3 kingdom awalnya ditemukan oleh Ernest Haekel dari Jerman pada tahun 1866. Pada saat itu Haekel memperkenalkan kerajaan baru yang disebut dengan protista. Perubahan ini dianggap menjadi perubahan yang paling besar dalam sejarah taksonomi Linnaean. Adapun klasifikasinya adalah :

  1. Kingdom protista

Makhluk hidup yang memiliki ciri-ciri yaitu ada banyak sel yang belum terdiferensi, dan memiliki inti sel tanpa selubung, contohnya adalah bakteri dan ganggang hijau.

  • Kingdom plantae

Contoh makhluk hidup yang termasuk di dalamnya adalah, alga, jamur, tumbuhan paku, dan tumbuhan biji lainnya.

  • Kingdom animalia

Contoh makhluk hidup yang termasuk di dalam kingdom animalia adalah bebrapa dari golongan protozoa hingga Chordata.

Klasifikasi makhluk hidup sistem 4 kingdom

Adapun tokoh yang mengusulkan sistem 4 kingdom adalah Robert Whittaker tahun 1959 ilmuwan asal Amerikas Serikat. Pengelompokannya berdasarkan struktur sel yaitu :

  1. Kingdom monera

Ciri-ciri dari pada kingdom monera adalah tidak terdapat membran prokarion seperti ganggang biru dan bakteri.

  • Kingdom protesta

Berhubungan denganmakhluk hidup yang memiliki satu sel dan organisme multisekuler eukariotik yang sama sekali belum terdiferensi

  • Kingdom plantae

Contoh makhluk hidup kingdom plantae adalah lumut, jamur, tumbuhan paku, dan lain-lain.

  • Kingdom animalia

Adapun hewan animalia menyertai hewan-hewan dari protozoa hingga chordata.

Klasifikasi makhluk hidup sistem 5 kingdom

Ilmuwan berasal dari Amerika yang bernama Robert Whittaker kembali menyusun sistem klasifikasi 5 kingdom, yang menggunakan dasar tingkatan organisme, sel dan juga pemenuhan makananya. Ada perubahan besar yang dilakukan oleh Robert yaitu mengubah protozoa yang semulanya masuk dalam kingdom animalia sekarang masuk dalam kingdom protista.

Adapun klasifikasi sistem 5 kingdom adalah :

  1. Kingdom monera

Adalah di dalamnya yang memiliki prokariotik bersel satu dan mikroskopis. Contohnya adalah bakteri dan ganggang hijau.

  • Kingdom protista

Yang tergolong dalam kingdom protista adalah organisme yang hanya memiki satu sel satu, misalnya seperti amoeba, paramecium dll.

  • Kingdom fungi

Kingdom fungi meliputi semua jamur yang ada kecuali jamur lendir dan air. Adapun ciri-cirinya adalah bersifat heterotrof, tidak bisa melakukan fotosintesis, pada dinding sel adanya kitin, seperti jamur tiram mucor, agaricus dan sebagainya.

  • Kingdom plantae

Termasuk di dalmnya adalah organisme yang memiliki banyak sel, eukariotik, terdapat dinding sel yang mengandung selulosa, adanya klorofil untuk berfotosintesis, dan autotrof. Contohnya adalah paku ekor kuda, tumbuhan padi, bunga mawar serta lumut hati.

  • Kingdom animalia

Cir-cirinya yaitu memiliki sel yang banyak, tidak berklorofil, tidak terdapat dinding sel, heterotrof, dan adanya eukariotik, contohnya adalah ayam, burung, gajah dan lain-lain.

Klasifikasi makhluk hidup sistem 6 kingdom

Pada tahun 1977 Carl Woese seorang ahli biologi asal Amerika ini memecah monera menjadi dua bagian kingdom yaitu eubacteria dan archaebacteria. Adapun klasifikasinya adalah :

  1. Kingdom eubacteria, adalah yang memiliki prokariotik bersel satu
  2. Kingdom archaebacteria, adalah yang biasa hidup di kondisi yang tergolong ekstrim (orikariotik unseluler)
  3. Kingdom protista (uniseluler)
  4. Kingdom fungi, eukariotik yang bersel satu maupun banyak
  5. Kingdom plantae, adalah bersifat autotrof eukariotik multiseluler
  6. Kingdom anamalia, ialah bersifat heterotrof.

Contoh Klasifikasi Makhluk Hidup

Diatas kita telah membahas beberapa teori tentang klasifikasi, untuk lebih jelasnya berikut ini ada beberapa contoh klasifikasi hewan dan tumbuhan .

  1. Harimau dengan nama latinnya adalah (Panthera tigris).

Kingdom         : Animalia

Kelas               : Cordata

Ordo                : Karnovora

Genus               : Panthera                  

  • Hewan sapi dengan nama latin holstein

Kingdom         : Animalia

Filum               : Chordata

Kelas               : mamalia

Ordo                 : Artiodactyla

Family              : Bovidae

Genus              : Bos

Spesies            : B. Taurus

  • Hewan kucing dengan nama latin Felis Silvestris Catus

Kingdom         : Animalia

Filum               : Chordata

Kelas               : mamalia

Ordo                 : Karnivora

Family              : Felidae

Genus              : Felis

Spesies            : f. silvestris

Contoh klasifikasi tumbuhan :

  1. Tumbuhan padi dengan nama latin Oriza Sativa

Kingdom         : plantae

Devisi              : magnoliopytha

Ordo                : poales

Family             : poaceae

Genus              : oryza

Spesies            : o. Sativa

  • Tumbuhan mangga dengan nama latin mangifera indica

Kingdom         : plantae

Divisi               : magnoliopytha

Ordo                : sapindales

Kelas               : vagnoliopsida

Family              : Anacardiaceae

  • Tumbuhan kelapa dengan nama latin cocos nucifera

Kingdom         : plantae

Family             : arecaceae

Ordo                : arecales

Genus              : cocos

Spesies            : C. Nucifera

Nah, itu saja yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat dan menjadi acuan untuk materi-materi pembelajaran lainnya, silahkan simak artikel kami yang lainnya, dan share jika bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *