11+ Makanan Khas Bengkulu Tradisional beserta Penjelasannya

Makanan Khas Bengkulu – Bengkulu adalah kota kecil sejuta kenangan, begitulah slogan yang sering dilontarkan oleh penduduk yang mayoritas berada di pesisir pantai tersebut.  Kota Bengkulu merupakan kota yang masih memliki keasrian yang cukup indah, namun walaupun demikian masih banyak dari kalangan kita belum tahu mengenai kota yang sering disebut dengan bumi Raflesia ini.

Ada banyak keindahan yang bisa kita dapatkan ketika berkunjung ke kota Bengkulu, selain memiliki keindahan pantai yang menarik perhatian, Bengkulu juga memiliki banyak makanan khas yang bisa anda jumpai dengan mudah. Dan tentunya akan membuat anda ketagihan akan makanan-makanan khas Bengkulu ini.

Makanan Khas Bengkulu

11+ Makanan Khas Bengkulu Tradisional beserta Penjelasannya

Makanan khas Bengkulu adalah makanan yang mayoritas terbuat dari bahan utama yaitu ikan dan santan. Ketika kita berkunjung ke daerah ini tak heran jika kita menemukan aneka olahan yang terbuat dari ikan, karena memang letak kota ini berdekatan dengan pantai. Namun bukan berarti bengkulu hanya memiliki makanan khas ikan saja, ada banyak makanan khas Bengkulu yang bisa anda coba, mulai dari masakan tradisional, hingga kuliner-kuliner kekinian. Berikut ini adalah beberapa makanan khas kota Bengkulu :

1. Pendap Khas Bengkulu

11+ Makanan Khas Bengkulu Tradisional beserta Penjelasannya 1

Pendap adalah salah satu makanan khas Bengkulu, yang terbuat dari bahan dasar yaitu daun talas dan bumbu-bumbu rempah lainnya. Makanan ini biasanya di jual di pasar-pasar tradisional. Pendap khas Bengkulu memiliki varian rasa yaitu rempah ikan yang pedas. Anda belum dikatakan berkunjung ke kota Bengkulu jika belum mencicipi makanan yang satu ini, yang menjadi makanan primadona bagi penduduk pribumi.

Pendap merupakan lauk yang bisa disantap dengan nasi, yang memiliki ciri khas rasa yang pedas. Orang setempat biasa menikmati lauk pendap dengan lalapan jengkol muda yang demikian membuat makanan ini menjadi spesial. Ciri khas tampilan pendap adalah dibungkus dengan daun pisang lalu diikat dengan tali rapia yang berbentuk persegi. Pendap akan lebih terasa nikmat apabila disantap ramai-ramai dengan keluarga atau teman di tepi pantai atau di tepi sawah.

baca juga 18+ Makanan Khas Aceh yang Wajib untuk dicoba

Cara membuat pendap ini juga tergolong cukup mudah, namun tidak semua orang bisa memasak pendap walaupun bisa dikatakan mudah. Adapun bumbu-bumbu yang digunakan dalam proses memasak pendap adalah :

  1. bawang merah dan bawang putih
  2. lengkuas
  3. cabai yang sudah digiling
  4. kelapa muda yang sudah diparut
  5. daun talas atau keladi
  6. ikan kakap atau ikan laut lainnya,
  7. garam dan lain-lain.

proses pembuatan pendap ini adalah dengan mencampurkan segala bumbu rempah tersebut dan diaduk secara merata, kemudian bumbu yang sudah dicampurkan tersebut di bungkus dengan daun talas, lalu dibungkus lagi dengan daun pisang dan diikat dengan tali rapia yang membentuk persegi, dan terakhir di rebus atau di kukus. Untuk harga pendap sendiri biasanya mulai dari Rp 7.500 rupiah.

2. Gulai Kemba’ang, Makanan Khas Bengkulu

11+ Makanan Khas Bengkulu Tradisional beserta Penjelasannya 2

Selain pendap, Gulai kemba’ang makanan khas Bengkulu juga merupakan makanan yang lezat untuk disantap. Gulai kemba’ang biasanya sering dimasak ketika memasuki bulan ramadhan dan juga saat lebaran. Gulai kemba’ang ialah gulai yang terbuat dari daging sapi yang di masak menggunakan bumbu lengkap khas dari Bengkulu.

Gulai kemba’ang lebih di kenal di daerah muko-muko, akan tetapi di setiap sudut daerah bengkulu pasti kenal dengan masakan yang satu ini, hanya saja memiliki perbedaan nama pada setiap daerahnya. Gulai kemba’ang termasuk gulai yang spesial karena dimasak hanya pada acara-acara besar atau di waktu-waktu tertentu saja.

3. Tempoyak

11+ Makanan Khas Bengkulu Tradisional beserta Penjelasannya 4

Tempoyak adalah makanan khas Bengkulu yang terbuat dari durian. Durian ini difermentasi terlebih dahulu, untuk membuat rasanya lebih nikmat. Makanan ini bisa dibilang cukup menarik, karena ternyata durian yang sudah diolah menjadi tempoyak bisa dijadikan sebagai lauk yang dimakan bersama nasi putih hangat.

Olahan tempoyak sendiri memilik banyak variannya, ada rasa tempoyak ikan yang artinya tempoyak tersebut dimasak dengan mencampurkan ikan-ikanan, ada pula dengan pete, juga dengan udang. Untuk memasak tempoyak khas bengkulu ini membutuhkan keuletan dan kesabaran yang tinggi, karena ketika memasak tempoyak kita harus selalu mengaduk tempoyak agar tidak pecah kuah.

Rasa tempoyak sendiri seperti ada asam-asamnya, dan yang pasti rasanya pedas. Tempoyak akan banyak ditemui  jika sudah memasuki musimnya duren. Dan harganya bisa menjadi sangat murah. Namun ketika belum memasuki musim duren tempoyak tergolong sulit untuk kita temui dan bahkan harganya juga akan menjadi mahal.

4. Lema, Makanan Khas Bengkulu

11+ Makanan Khas Bengkulu Tradisional beserta Penjelasannya 5

Lema adalah makanan khas Bengkulu yang dibuat dengan campuran bambu muda atau rebung dengan ikan air tawar.Cara memasak lema cukup unik, dan bisa dikatakan masakan ini hanya bisa ditemukan di daerah Bengkulu saja. Lema dimasak menggunakan santan kelapa yang dimasak dengan irisan rebung dan dicampur dengan ikan air tawar. Lema memiliki ciri khas rasa yaitu rasa asam.

5. Bagar Hiu

11+ Makanan Khas Bengkulu Tradisional beserta Penjelasannya 6

Makanan khas Bengkulu yang satu ini yaitu bagar hiu ini terbuat dari olahan ikan hiu. Bagar hiu juga disebut-sebut sebagai makanan yang spesial di kota Bengkulu. Bagar hiu diolah dengan beraneka ragam bumbu dan rempah yang lengkap, sehingga bukan hanya rasanya saja yang nikmat tetapi juga memiliki wangi yang khas dari masakan tersebut.

Bagar hiu, adalah masakan yang tergolong mudah untuk kita dijumpai. Hampir di setiap rumah makan yang ada di kota Bengkulu menyajikan gulai bagar hiu ini.

6. Gulai Pisang, Kuliner Khas Bengkulu

11+ Makanan Khas Bengkulu Tradisional beserta Penjelasannya 7

Makanan khas Bengkulu selanjutnya adalah Gulai pisang. Biasanya pisang yang kita kenal adalah sebagai makanan penutup atau dimakan secara langsung, tapi berbeda ketika anda berkunjung ke kota Bengkulu, anda akan menemui pisang yang disajikan sebagai lauk yang dimakan bersama nasi.

Namun walaupun demikian masakan ini tak kalah lezatnya dengan masakan lainnya. Gulai pisang adalah gulai yang sudah diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Selain itu gulai pisang bisa diolah dengan mencampurkan bahan-bahan lainnya seperti kacang panjang, labu, ikan dan sebagainya.

Cara memasak gulai pisang hampir sama dengan memasak gulai pada umumnya yaitu, hanya menggunakan santan, cabai yang sudah digiling, bawang merah, kunyit,  garam, dan pisang. Akan tetapi untuk memasak gulai pisang ini, pisang yang digunakan adalh pisang yang masih mentah yang berwarna hijau, bukan yang sudah matang.

7. Rebung Asam Undak Liling

11+ Makanan Khas Bengkulu Tradisional beserta Penjelasannya 9
https://phinemo.com

Sesuai dengan namanya yaitu rebung asam maka olahan dasarnya adalah rebung. Rebung asam yang dimaksud adalah olahan rebung yang sudah di potong-potong direndam terlebih dahulu selama beberapa hari. Setelah itu rebung asam baru bisa diolah untuk dijadikan sebagai masakan khas bengkulu.

baca juga 18+ Makanan Khas Aceh yang Wajib untuk dicoba

Rebung asam undak liling merupakan masakan yang diolah menggunakan santan. Rebung yang sudah direndam kemudian dimasak dengan undak liling atau biasa disebut dengan keong sawah. Masakan ini memiliki rasa yang pedas nan nikmat. Masakan ini sering dimasak oleh warga bengkulu sehari-hari sebagai lauk pagi atau petang hari.

8. Kue Tat, Jajanan Khas Bengkulu

11+ Makanan Khas Bengkulu Tradisional beserta Penjelasannya 10

Bengkulu juga memiliki makanan tradisional, yaitu kue tat. Kue tat ini dahulunya hanya bisa dinikmati oleh orang-orang tertentu saja yaitu dari kalangan atas, dan biasanya disajikan hanya pada acara-acara khusus. Namun seiring berjalannya waktu, akhirnya sampai saat ini kue tat bisa dinikmati oleh siapa saja, dan kita bisa membeli kue tat sebagai oleh-oleh khas Bengkulu.

Kue tat disenangi karena memiliki ‘inti’ di dalamnya. Yang dimaksud dengan ‘inti’ adalah adonan manis, yang terbuat dari campuran gula jawa dengan parutan kelapa muda. Sekarang kue tat biasa disajikan saat moment lebaran idul fitri, idul adha dan juga saat acara pernikahan. Harga untuk satu loyang kue tat bisanya seharga Rp 25.000 rupiah.

8. Kue Lepek Beniti

Selain kue tat, kue lepek beniti juga tak kalah enaknya. Kue ini juga memiliki ‘inti’ yang olahan intinya sama dengan kue tat. Kue lepek beniti terbuat dari adonan tepung terigu, yang kemudian didalavnya divasukkan inti yang sudah di olah, lalu di kasih santan kental sedikit, kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Kue lepek beniti biasa disajikan saat bulan puasa yaitu untuk menu berbuka puasa, saat lebaran baik idul fitri maupun idul adha, juga di acara-acara lainnya seperti acara pernikahana. Kue ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh namun untuk ketahanan rasanya biasanya hanya bisa bertahan 1 harian. Akan tetapi apabila dimasukkan ke dalam kulkas kue lepek beniti bisa bertahan 3-4 hari.

9. Lemang Tapai

Ini dia makanan best sellernya kota Bengkulu yaitu lemang tapai. Lemang tapai adalah makanan tradisional bengkulu, dimana cara memasaknya pun masih menggunakan peralatan tradisional pula. lemang tapai ini biasa dimasak saat hari-hari terakhir bulan ramadhan, dan dimasak secara ramai-ramai.

Lemang adalah makanan yang dimasak menggunakan bahan dasar ketan yang sudah dicampur dengan sedikit santan dan garam kemudian olahan ketan tersebut dimasukkan ke dalam potongan bambu yang sudah di lapisi dengan daun pisang. Setelah itu bambu-bambu yang sudah terisi ketan di susun rapi kemudian di bakar menggunakan kayu bakar. Lemang bisa bertahan cukup lama.

Sedangkan tapai adalah ketan yang sudah dimasak kemudian di fermentasi dengan mencampur ragi, lalu dibungkus dengan daun pisang. Tapai ini biasanya di simpan ditempat-tempat tertentu agar rasanya bisa sesuai dengan ekspektasi. Lamanya difermnetasi sekitar 2 sampai 3 hari.

Cara memakannya adalah dengan cara yaitu memotong-motong terlebih dahulu lemang yang sudah matang tersebut kemudian di colek dengan tapai. Kedua olahan inilah yang disebut dengan lemang tapai.

10. Kue Cucur

Jenis kuliner selanjutnya adalah kue cucur. Kue cucur ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu yang kemudian di campur dengan gula merah atau gula jawa agar warnaya bisa kecoklat-coklatan. Kue cucur menjadi kue andalan kota bengkulu, selain harganya yang murah, kue ini juga mudah untuk kita jumpai di pasar-pasar tradisional.

Kue cucur sendiri memiliki tekstur rasa yang merakyat yang artinya adalah hampir semua orang menyukai kue cucur ini, dengan rasa yang manis tetapi tidak terlalu pekat membuat kita tidak mudah untuk merasa enek saat mencicipinya. Bentuknya juga menarik dan biasa disajikan ketika ada acara-acara tertentu, baik itu penyambutan tamu dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *